Bulan Muharram

Assalamu'alaikum....
        Ini pengalaman pertama ana menulis di blog, jadi mohon dimaklumi kalau kata katanya masih kurang rapi :)
        Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bulan Muharram.
        Sebagian dari hadits-hadits yang meriwayatkan tentang bulan Muharram adalah hadits dari Abu Bakrah radhiyallahu anhu, dari Rasulullah shollallau 'alaihi wasallam beliau bersabda : "Sesungguhnya waktu senantiasa berputar sebagaimana dibentuknya hari, dimana Allah menciptakan langit langit dan bumi. Satu tahun ada 12 bulan, diantaranya empat bulan haram, yaitu tiga diantaranya terletak berurutan. Dzulqo'dah, Dzulhijjah dan Muharram. Serta bulan Rajjab yang terletak diantara bulan Jumadil dan Sya'ban"
( Hadits Muttafaq 'alaihi )
         Kemudian hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu beliau berkata, Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda : " Seutama utama puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah Muharram. Dan seutama utama shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam."
( Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shahihnya -821/3- )
         Dan hadits dari Aisyah radhiyallahu anhuma beliau berkata : " Adalah orang orang Quraisy berpuasa di hari 'asyura pada zaman jahiliyyah. Ketika Rasulullah mendatangi Madinah beliau menyuruh untuk berpuasa, namun ketika puasa Ramadhan telah diwajibkan, beliau meninggalkan puasa hari asyura. Tetapi barangsiapa berkehendak, dia (boleh) berpuasa. Dan barangsiapa yang tidak berkehendak maka (boleh) meninggalkannya
(Muttafaq 'alaihi)
          Hadits dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma beliau berkata : " Nabi shollalllahu 'alaihi wasallam mendatangi Madinah, kemidian beliau melihat orang-orang yahudi berpiasa pada hari 'asyuro. Beliau bertanya "Apa ini?". Mereka berkata : "Ini adalah hari yang baik, di hari ini Allah meyelamatkan bani Israil dari musuh-musuh mereka. Maka Musa berpuasa ( pada hari 'asyura )". Lalu Rasulullah bersabda : "Aku lebih berhak atas Musa daripada kalian". Maka beliau berpuasa dan menyuruh untuk berpuasa."
( Muttafaq 'alaihi )
           Ada pula hadits dari Abu Musa radhiyallahu 'anhu beliau berkata : "Adalah  orang-orang yahudi menjadikan hari 'asyura sebagai hari raya. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Maka berpuasalah kalian". "
( Muttafaq 'alaihi )
           Semoga bermanfa'at dan dapat menambah wawasan kita semua dalam ilmu agama, aamiin. Mohon dikoreksi apabila ada kesalahan, ana masih belajar, hehe.
           Wallahu a'lam

Komentar